Tips Bagaimana Menjadi Konsumen yang Cerdas

Konsumen cerdas paham perlindungan konsumen di berbagai bidang yang berhubungan dengan pihak pelaku usaha. Di Indonesia khususnya ini merupakan hal penting dam perlu mendapatkan perhatian khusus, sehubungan dengan masih sangat perlu edukasi serta pengertian maupun pemahaman lebih lanjut. Banyaknya pengaduan dari masyarakat merupakan salah satu indikator bagaimana hal ini perlu mendapatkan perhatian ekstra.

Agar bisa menjadi Konsumen yang cerdas paham akan perlindungan konsumen maka haruslah tahu dan mengerti Peraturan Undang-undang serta Tips Bagaimana Menjadi Konsumen yang Cerdas di bidang-bidang berikut ini:
  • Perbankan termasuk kartu kredit di dalamnya. Sangat banyak dijumpai pengaduan dari masyarakat mengenai keluhan pelayanan, susahnya menutup kartu kredit.
  • Makanan dan Minuman. Kontrol kualitas makanan maupun minuman belakangan sangat santer diberitakan sehubungan dengan banyaknya pembuat makanan yang membuat untuk konsumsi publik dengan dicampur bahan yang berbahaya atau tidak semestinya.
  • e-commerce perdagangan online juga sangat rawan akan penipuan. Apalagi sekarang bisnis online sudah mulai menjamur dan menjadi trend, maka harusnya diikuti dengan sarana dan prasarana termasuk di dalamnya kesadaran akan Konsumen cerdas paham perlindungan konsumen.