Panduan Wisata Malang Terbaru

Wisata Malang merupakan kawasan tempat wisata terpadu meliputi beberapa daerah serta beragam tempat untuk berekreasi bagi pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Termasuk disini adalah Kota Malang, Batu, Kawasan Bromo Tengger Semeru serta daerah Kabupaten Malang termasuk Pantai Selatan. Sebagai kota terbesar kedua di wilayah propinsi Jawa Timur, hal ini mengakibatkan pertumbuhan sektor bisnis pariwisata juga berkembang secara pesat. Terlebih karena letaknya yang berada di daerah pegunungan, diapit antara beberapa gunung seperti Gunung Kawi, Gunung Arjuna serta Semeru di sebelah timur.
Kota Malang terkenal sejak dulu sebagai tempat nyaman untuk beristirahat serta berlibur. Selain menyandang sebagai kota wisata, berbagai julukan lain juga melekat seperti kota bunga, kota pelajar yang menunjukkan bahwa iklim untuk tinggal disini sangatlah mendukung guna mendapatkan ketenangan serta kenyamanan.

Seiring semakin banyaknya moda transportasi menuju Malang baik melalui perjalanan darat, kereta api maupun perjalanan udara dengan adanya Bandar Udara Abdul Rahman Saleh, maka semakin ramai pula wisatawan berkunjung ke Malang. Perjalanan darat bisa ditempuh dari berbagai kawasan, seperti jalur utama Surabaya-Malang ataupun melewati kawasan barat (kota Blitar), Timur (daerah Lumajang). Perjalanan lewat kereta api dari Jakarta ataupun via Surabaya juga lengkap dari kelas eksekutif (Gajayana) Bisnis (Majapahit) samapai ekonomi (Matarmaja). Sedangkan untuk lewat jalan udara, maskapai Garuda Indonesia, Citilink maupun Sriwijaya siap menghantarkan perjalanan anda menuju Kota Malang.
Diantara Beragam Wisata Malang yang ada, berikut ini panduan terbaru untuk memilih mana yang terbaik dan patut untuk dikunjungi serta sayang untuk anda lewatkan:
1. Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2)
Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2) ini merupakan kawasan wisata terpadu dengan beragam taman hiburan, taman pendidikan, wahana bermain lengkap sekaligus taman satwa dan flora. Termasuk disini adalah:
- Jatim Park 1 (kawasan awal yang sampai sekarang juga masih menarik)
- Batu Secret Zoo, kawasan kebun binatang lengkap dari seluruh dunia dengan tata letak modern dengan koleksi satwa yang jarang ditemui di kebun binatang lain.
- Eco Park. Taman ekologi terlengkap dan tata letak bertaraf internasional.
 2. Batu Night Spectacular (BNS)
Masih masuk di kawasan terpadu Jatim Park, namun buka hanya di malam hari. Disini menawarkan suasana eksotis serta spektakuler diantaranya adalah:
- Lampion Garden (Taman Lampion), yang merupakan wahana unggulan di kawasan ini
- Rumah Kaca, Night Market dan masih banyak lagi pemandangan indah lainnya.
3. Tugu Malang di Balaikota
Tugu Malang adalah Icon utama kota Malang berupa tugu megah dikelilingi oleh kolam bunga serta taman asri berbentuk bundar, terletak di Kantor pemerintahan Balai Kota Malang, tepat di tengah kota.

(bersambung)