Hujan Abu Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud juga menyemburkan hujan abu vulkanik yang tak kalah dahsyatnya. Tidak hanya di lokasi yang dekat dengan Gunung Kelud, namun juga sampai ke kota-kota lain yang jaraknya cukup jauh dari sumber letusan. Tercatat selain di Blitar, Kediri dan hampir seluruh kota yang berada di Jawa Timur, juga sampai ke Jogja, Klaten dan Solo yang berada di Jawa Tengah dan kota-kota lainnya. Selain menyemburkan hujan abu, juga terjadi hujan kerikil dan batu di beberapa tepat, bersumber dari letusan gunung Kelud.

Hujan Abu Gunung Kelud ini mengakibatkan gangguan pada pandangan mata, bahkan sampai membuat penerbangan dari dan ke Solo , Yogyakarta stop untuk sementara. Ini menimbulkan warning bahwa jangan dulu melakukan kegiatan di tempat terbuka, hindari dulu semua kegiatan terbuka di kota-kota yang terdampak khususnya. Ketebalan hujan abu gunung kelud ini potensial mengganggu aktifitas serta dikhawatirkan berdampak kepada kesehatan komunitas di sekitarnya bila tidak melakukan langkah antisipatif.

Hujan abu yang semakin pekat disertai hujan kerikil di beberapa tempat masih saja terjadi. Buat pengendara mobil dan motor diharapkan mempersiapkan pengamanan sedemikian upa untuk langkah pencegahan dampak. Erupsi gunung Kelud kali ini membawa dampak yang cukup luas di Jawa Timur da Jawa Tengah. Semoga saja penanganannya bisa cepat dalam mengantisipasi semua kemungkinan.